Jumat, 03 Mei 2013

Tips & Trik Membuat Virtual Memory Pada Windows 7

Kebanyakan dari para pengguna komputer kurang puas dengan kinerja dari komputernya, itu mungkin karena spesifikasi dari komputer anda yang terlalu rendah. Contoh RAM, komputer dengan RAM yang berkapasitas 1 Gb mungkin belum cukup memuaskan anda dalam hal kinerja.
Nah disini saya akan memberikan beberapa trik untuk menambah RAM pada komputer anda dengan menggunkan fasilitas yang ada pada sistem operasi Windows, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang fasilitas ini dan sistem operasi yang saya pakai adalah Windows 7.
Nah untuk lebih lanjutnya anda boleh mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Pertama-tama buka jendela "explorer" kemudian anda pilih "System Properties", untuk lebih jelas lihat gambar di bawah. 
2. Nah setelah anda klik system properties maka akan muncul tampilan jendela "system properties", disitu anda klik "Advanced System Settings" maka akan tampil menu "System Properties" seperti pada gambar di bawah ini.
3. Klik "Setting" pada menu "Performance", maka akan keluar tampilan seperti ini. Kemudian klik "Advanced".
 
4.Kemudian pada menu "Virtual Memory" anda klik "Change".
5. Disini kita menentukan berapa besar Virtual RAM yang akan kita tambah, klik "Custom Size", biasanya besar Virtual RAM yang akan kita tambah 2x lipat besarnya dari RAM komputer kita  untuk "initial size" dan 4x lipat untuk "maximum size".  Sebagai contoh saya disini akan menambahkan 3333 untuk initial size dan 5555 untuk maximum sizenya. Setelah itu, klik "OK" dan selesai, biasa sistem akan meminta anda untuk me-Restart komputer. Dan kemudian setelah di restart anda akan lihat perbedaan dari sebelumnya.
 Namun walaupun begitu, jika RAM anda spesikasinya terlalu rendah hal ini tidak akan berpengaruh banyak dalam hal kinerja komputer anda. Dan pada akhirnya anda harus membeli fisik memory. Tips ini hanya berpengaruh apabila RAM anda mempunyai kapasitas 1 Gb.
Nah itu sedikit trik dari saya, saya sudah mencoba trik diatas dan ternyata lumayan berhasil.
Bagi agan-agan yang ingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah diatas.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More